“Sticker†LINE, Sebuah Jembatan Simbolik Teknologi Interaksi Manusia dalam Media Komunikasi
Abstract
Perkembangan media komunikasi membuat perubahan dalam interaksi antar manusia. Komunikasi antar manusia menjadi komunikasi antara manusia dan layar (screen). Komunikasi sejatinya merupakan pertukaran informasi, pesan dan emosi. Namun, perkembangan teknologi membuat komunikasi tersebut menjadi termediasi. Ruang maya menjadi ruang menjalin relasi antar manusia. Menjadi menarik bahwa aplikasi-aplikasi komunikasi di ruang maya kini menjadi jembatan bukan sekedar pesan tetapi juga jembatan emosi melalui sticker, emoji dan simbol-simbol visual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis teks untuk menjabarkan komunikasi yang termediasi saat ini. Diharapkan hal ini dapat membuka wawasan bahwa perkembangan komunikasi kini membuat pesan menjadi termediasi dan bisa menimbulkan kerancuan makna.
References
Baudrillard, J. P. (2009). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Budiman, H. (2002). Lubang Hitam Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Charon, J. M. (1998). Symbolic Interactionism: An Introduction, an Interpretation, an Intergration. N.J.: PrenticeHall.
Cooley, C. H. (1964). Human Nature and the Social Order. New York: Scribner.
Diradametha, N. (2009). Pembentukan Identitas Pada Komunitas Virtual: Studi kasus komunitas Virtual ArchAngel. Skripsi tidak dipublikasikan.
Durham, M. G. (2006). Media and Cultural Studies. Victoria: Blackwell Publishing.
Piliang, Y. A. (2009). Posrealitas: Realitas Kebudayaan Dalam Era Posmetafisika. Yogyakarta: Jalasutra.
Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â