Kafe sebagai Gaya Hidup Masyarakat Konsumerisme (Studi Kasus pada Starbucks)
Abstract
Akhir-akhir ini perubahan sosial terjadi pada masyarakat kota besar di Indonesia seiring berkembangnya teknologi dan informasi yang begitu cepat. Pola hidup masyarakat kota besar kian bersifat konsumtif akibat serangkaian iklan televisi atau pun sosial media yang menawarkan berbagai produk yang dimaknai secara simbolik. Pola konsumtif masyarakat kini tak hanya sekedar bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar atau nilai guna dari produk yang dibeli tetapi lebih pada nilai dan prestise yang didapatkan dengan membeli produk tersebut. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai perilaku konsumerisme masyarakat kota terhadap kafe ditinjau dari teori konsumerisme dan fetisisme komoditi.References
Jakarta Veneu (http://jakartavenue.com/2011/07/ tradisi-minum-kopi-khas-indonesia/), diunduh tanggal 20 Desember 2012.
Piliang, Yasraf Amir. (2010). Dunia yang Dilipat: Konsumerisme dan Hiper-Realitas Gaya hidup. Bandung: Matahari.
Piliang, Yasraf Amir. (2010). Dunia yang Dilipat: Terkurung dalam Realitas Semu. Bandung: Matahari.
Starbucks (http://www.starbucks.com/about-us/our- heritage), diunduh tanggal 20 Desember 2012
Starbucks (http://www.starbucks.co.id/en-US/_Merc-handise+and+Gifts/), diunduh tanggal 20 Desember 2012.
Lima Tradisi Minum Kopi di Dunia. https://natio-nalgeographic.co.id/berita/2017/07/lima-tradisi-minum-kopi-di-dunia.
>
Rebellion (26 Februari 2017). Kopi Arabica di Kedai Starbucks. http://www.kopisiana.com/ kopi-arabika-sumatera-di-kedai-starbucks/
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â