Perancangan Desain Sampul Novel Fantasi yang Marketable: Studi Kasus pada Novel “Ther Melian†Collectors Edition
Abstract
Perkembangan novel fantasi sepuluh tahun terakhir ini sangat pesat. Seiring dengan fenomena film dan novel terjemahan Harry Potter, novel fantasi karya penulis Indonesia pun turut mengalami perkembang- an pesat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk bagaimana merancang Desain Sampul Novel Fantasi yang Marketable: Studi Kasus pada Novel Ther Melian Collectors Edition. Landasan teori penelitian ini adalah teori desain komunikasi visual, ilustrasi, marketing, dan keputusan mem- beli. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif dengan melakukan wawancara pada narasumber yang berpengalaman dalam bidang penerbitan dan ilustrasi, serta pihak-pihak yang terlibat langsung dalam perancangan sampul dan marketing novel Ther Melian Collectors Edition. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi industri kreatif, khususnya praktisi industri penerbitan saat merancang ilustrasi sampul yang akan digunakan pada sebuah buku. Perancangan Desain Sampul Novel Fantasi yang Marketable: Studi Kasus pada Novel “Ther Melian†Collectors EditionReferences
Aminuddin, (2013). Pengantar Apresiasi Karya, Sastra. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
“Book Coverâ€. Oxford Dictionary of English. 3rd ed.(2010) United Kingdon: Oxford University Press.
Cangara, Hafid., (2005). Pengantar Ilmu Komuni- kasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Carter, Rob, Ben Day, and Philip Meggs. (2006). Typographic Design: Form and Communica- tion. 4th ed. New Jersey: John Wiley & Sons, INC,.
Danger, E.P., (1992). Memilih Warna Kemasan. Jakarta : PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Depdikbud., (2006). Kamus Besar Bahasa Indo- nesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Design Museum., (2010). How To Design a Type- face. London: Conran Oincctopus.
Eiseman, Leatrice., (2000). Pantone Guide to Com- munication with Color. Ohio: Grafix Press Ltd.
Engel, James F., Roger D. Blackwell, Paul D. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen: Edisi Keenam. Alih Bahasa: Drs. Budijanto. Jakar- ta: Binarupa Aksara.
Hadi, Umar. (1998). Memahami Desain Grafis. Katalog Pameran Desain Grafis, LPK Visi Yogyakarta.
Hartanto, D. D. (2004). Penggunaan Ilustrasi Sebagai Daya Tarik Pada Iklan Media Cetak. Nirmana, 3(1).
Haryani, Sri, (2001), Komunikasi Bisnis, Yogya- karta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.
Hunt, Peter (2005) Understanding Children's Literature. London: Routlegde.
Klimchuk, Marianne. & Krasovec, Sandra A. (2007) Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf, Wiley Publisher.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Erlangga.
Lexy, Moleong., (2007). Metode Penelitian Kualita- tif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi (Terjemahan). Yogyakarta dan Surabaya. Pustaka Pelajar dan ITS press.
Mowen, John C dan Michael Minor. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Penerbit Erlangga.
Mulcahy P., & Samuel S.J. (1987) Three Hundred Years of Illustrations in American Textbooks In H.A. Houghton & D.M. Willows (Editors) The Psychology of Illustration, New York: Springer-Verlag.
Pierce, Charles Sanders dalam Winfried Noth (1995). Handbook Of Semiotics. Indiana University Press, Bloomington and Indiana- polis.
Rustan, Surianto, (2009) Mendesain LOGO, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sihombing, Danton. (2008). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Silalahi, Uber. (2010). Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.
Stephens, K. E. (2008). A quick guide to selecting great informational books for young children. The Reading Teacher, 61(6), 488-490.
Sudjiman, Panuti. (1984). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.
Sutanto, L. (2010), Kiat Jitu Menulis dan Mener- bitkan Buku. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalansutra.
Wicaksono, Andri (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
United Nations (2008) “UNCTAD Creative Eco- nomy Report 2008: The challenge of Assessing the Creative Economy: towards Informed Policy –making.â€, UNCTAD/DITC/2008/2.
Archaway Publishing. (November, 2013). (diakses 19 Juni 19,2017). 4 Key Elements of a Killer Book Cover Design. from http://www.youtube. com/watch?v=ytpuNyE15gE).
Archaway Publishing. (November, 2013). (diakses 19 juni ,2017). 4 Key Elements of a Killer Book Cover Design. from http://www.youtube. com/watch?v=ytpuNyE15gE).
The Cambridge Companion to Creative Writing Edited by David Morley, Philip Neilsen Book DOI: http://dx.doi.org/10.1017/CCOL9780521 768498 Online ISBN: 9781139028417
hardback ISBN: 9780521768498 Paperback ISBN: 9780521145367
Wilkins, K. (2012). Genre and speculative fiction. The Cambridge Companion to Creative Writ- ing, 37-51
Ellie Goh, 2017, Interview Tentang Proses Meran- cang Konten Buku, Target Konsumen Buku, Tren Dan Selera Pasar, di kediamannya, tanggal 10 Juli 2017.
Nicolas Filbert, 2017, Interview tentang ilustrator sampul buku yang menggugah emosi. Via email tanggal 18 Juli 2017.
Ren Puspita, 2017, Interview Tentang Ilustrasi Dan Daya Jual Buku, via email tanggal 7 Juli 2017.
Rina Agata, 2017, Interview Tentang Pengaruh Sampul Buku Dengan Pemasaran Buku, via email tanggal 7 Juli 2017.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â